Pengemasan Produk Kerajinan Bahan Lunak

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Halo semuanya, ini post keempat saya di blog ini. Sama seperti sebelumnya, saya akan memposting tugas yang diberikan oleh guru mata pelajaran kami. Disini saya membahas tentang kemasan. Mari kita simak bersama.


Kata kemasan mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Semua orang mestinya sudah tau yang mana yang disebut kemasan. Kemasan kadang juga kita sebut sebagai bungkus. Tetapi, tahukah kita pengertian kemasan yang sebenarnya? Apa tujuan dari pengemasan? Apa manfaat kemasan? Apa saja macam-macam kemasan? Apa saja jenis-jenisnya? Dan apa peran kemasan sebagai media promosi? Akan kita bahas, berikut ini penjelasannya :

Apa Itu Kemasan?
Kemasan adalah desain kreatif yang mengaitkan bentuk, struktur, material, warna, citra, tipografi dan elemen-elemen desain dengan informasi produk agar produk dapat dipasarkan. Kemasan digunakan untuk membungkus, melindungi, mengirim, mengeluarkan, menyimpan, mengidentifikasi dan membedakan sebuah produk di pasar (Klimchuk dan Krasovec, 2006:33).

Menurut KBBI, kemasan adalah bungkus pelindung dalam suatu barang daganganyang dihasilkan dari kegiatan mengemas.

Tujuan Pengemasan
Menurut Louw dan Kimber (2007), kemasan dan pelabelan kemasan mempunyai beberapa tujuan, yaitu:
1.Physical Production. Melindungi objek dari suhu, getaran, guncangan, tekanan dan sebagainya.

2.Barrier Protection. Melindungi dari hambatan oksigen uap air, debu, dan sebagainya.

3.Containment or Agglomeration. Benda-benda kecil biasanya dikelompokkan bersama dalam satu paket untuk efisiensi transportasi dan penanganan.

4.Information Transmission. Informasi tentang cara menggunakan transportasi, daur ulang, atau membuang paket produk yang sering terdapat pada kemasan atau label.

5.Reducing Theft. Kemasan yang tidak dapat ditutup kembali atau akan rusak secara fisik (menunjukkan tanda-tanda pembukaan) sangat membantu dalam pencegahan pencurian. Paket juga termasuk memberikan kesempatan sebagai perangkatanti-pencurian.

6.Convenience. Fitur yang menambah kenyamanan dalam distribusi, penanganan, penjualan, tampilan, pembukaan, kembali penutup, penggunaan dan digunakan kembali.

7.Marketing. Kemasan dan label dapat digunakan oleh pemasaruntuk mendorong calon pembeli untuk membeli produk.

Manfaat Kemasan
*.Untuk mewadahi produk agar tidak tercecer selama proses distribusi dari produsen hingga konsumen.
*.Untuk melindungi dan mengawetkan produk dan melindungi produk dari sinar ultraviolet, panas, kelembaban udara, oksigen, benturan, kontaninasi dari kotoran dan mikroba yang dapat murusak dan menurunkan mutu produk.
*.Untuk memudahkan perhitungan dalam pengiriman dan penyimpanan.
*.Untuk memperluas pemakaian dan pemasaran produk.
*.Untuk menambah citra produk dan daya tarik pembeli.
*.Untuk memberi kenyamanan pada konsumen.
*.Sebagai sarana informasi dan iklan.
*.Sebagai identitas atau label dari produk yang digunakan untuk membedakan produk yang dimiliki dengan produk lain.

Macam-Macam Kemasan
a. Kemasan Logam

Kemasan logam (kaleng) adalah kemasan yang paling aman karena kemas-an ini dapat melindungi produk dari sinar matahari, uap air, dan oksigen. Masalah utama pada kemasan kaleng ialah mahal. Kemasan logam dapat dibuat dari aluminium dan plat besi lapis timah putih.


b. Kemasan Gelas

Kemasan gelas sifatnya tidak berekasi dengan bahan yang dikemas, tahan terhadap produk yang bersifat asam dan basa. Kekurangannya mudah pecah jika terkena benturan dan beratnya yang cukup berat dibandingkan dengan bahan lainnya seperti logam atau kertas. Kemasan gelas ini banyak digunakan untuk kemasan makanan dan minuman.


c. Kemasan Plastik

Kemasan plastik sifatnya ringan, relatif murah, namun masa simpan relatif singkat dibandingkan dengan kaleng. Kemasan plastik dapat berbentuk plastik lembaran, kantong plastik, wadah plastik dengan bentuk tertentu, botol maupun gelas plastik. Tidak semua jenis plastik dapat digunakansebagai kemasan makanan dan minuman. Ada jenis-jenis plastik yang tidak dapat digunakan untuk kemasan makanan dan minuman karena mengandung zat kimia yang tidak baik untuk kesehatan manusia.


d. Kemasan Kertas

Kemasan kertas dan karton banyak digunakan saat ini, karena lumayan ramah lingkungan disebabkan dapat hancur lebih mudah dalam kurun waktu tertentu (organik) dibandingkan dengan kemasan plastik yang hancur dalam waktu beratus-ratus tahun.

e. Kemasan Fleksibel

Kemasan ­fleksibel merupakan suatu revolusi dari teknologi pembuatan kemasan, bentuknya ­fleksibel sesuai sifat produk yang dikandungnya. Bentuknya berubah jika diberi tekanan atau sentuhan. Kemasan ­fleksibel dapat diproduksi dalam bentuk rol atau kantong (sachet).

Jenis-Jenis Kemasan
Berdasarkan struktur isi, kemasan dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:
1.Kemasan Primer, yaitu bahan kemas langsung mewadahi bahan pangan (kaleng susu, botol minuman, dll).

2.Kemasan Sekunder, yaitu kemasan yang fungsi utamanya melindungi kelompok kemasan lainnya, seperti misalnya kotak karton untuk wadah kaleng susu, kotak kayu untuk wadah buah-buahan yang dibungkus dan sebagainya.

3.Kemasan Tersier dan Kuarter, yaitu kemasan yang diperlukanuntuk menyimpan, pengiriman atau identifikasi. Kemasan tersier umumnya digunakan sebagai pelindung selama pengangkutan.


Kemasan Sebagai Media Promosi
Kemasan selain berfungsi sebagai sarana untuk melindungi produk, juga dapat berfungsi sebagaidaya tarik untuk menarik konsumen agar memilih produk tersebut dibandingkan dengan produk pesaing. Karena itulah kini, produsen berupaya untuk dapat membuat tampilan kemasan yang semenarik mungkin.

Salah satu contoh promosi menggunakan kemasan adalah dengan gosok-gosok berhadiah yang menjadi primadona pada kemasan-kemasan minuman ataupun detergen. Untuk mendapatkan hadiah, para pembeli akan membeli produk sebanyak-banyaknya agar bisa mendapat keberuntungan apabila menggosok kemasan yang didalamnya tertera hadiah dan lain-lain.

Contoh lainnya juga ada produsen yang mempergunakan kemasannya untuk media promosi, seperti adanya kode unik yang ada di kemasan yang harus dikirim, dan yang beruntung akan mendapatkan haidah liburan atau hadiah lainnya.

Nah, teman-teman, begitulah pembahasan mengenai kemasan kali ini. Semoga para pembaca bisa lebih memahami, dan terinspirasi membuat kemasan yang menarik agar pembeli tertarik untuk membeli produk kita.
Terimakasih wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengelolaan Sumber Daya Usaha (6M)

Menganalisis Produk Kerajinan dari Bahan Lunak : Kulit Jagung