Menganalisis Strategi Promosi Produk Usaha Kerajinan
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Apa kabar semuanya? Kali ini saya akan memposting mengenai promosi.
Apa itu promosi?
Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan.
Tujuan promosi
Tujuan promosi di antaranya adalah:
1.Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial
2.Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit/laba
3.Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan
4.Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar
5.Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing
6.Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan
7.Mengubah tingkah laku dan pendapat konsumen
Mengenal konsumen
Mengenal konsumen, dimana kita harus mengetahui sasaran pasar kita. Misalnya produk kerajinan kulit jagung, perusahaan ANATA ingin menjual bros kulit jagung. Mereka harus mencari sasaran pasar yang tepat sebagai konsumen bagi produk mereka. Misalnya dijual kepada ibu-ibu dan remaja-remaja perempuan.
Strategi promosi
Strategi promosi adalah taktik untuk promosi, bisa dilakukn dengan cara:
* menjalin hubungan baik dengan pelanggan
* memilih tempat usaha yang strategis
* memperkuat nama brand
* mengenal kompetitor (pesaing)
* rajin berpromosi
Rencana promosi
Rencana promosi dapat dilakukan dengan cara:
* membuat kemasan
* membuat diskon
* membuat bonus
* mengadakan event atau kuis
Media promosi
Media promosi adalah perantara yang digunakan untuk membantu promosi produk kita, meliputi:
* media sosial / internet
* brosur
* spanduk
* plank
* kartu nama
* iklan koran
* iklan TV
* majalah
* baliho
* poster
Nah, jadi begitulah pembahasan kita kali ini mengenai promosi.
Apa kabar semuanya? Kali ini saya akan memposting mengenai promosi.
Apa itu promosi?
Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan.
Tujuan promosi
Tujuan promosi di antaranya adalah:
1.Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial
2.Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit/laba
3.Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan
4.Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar
5.Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing
6.Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan
7.Mengubah tingkah laku dan pendapat konsumen
Mengenal konsumen
Mengenal konsumen, dimana kita harus mengetahui sasaran pasar kita. Misalnya produk kerajinan kulit jagung, perusahaan ANATA ingin menjual bros kulit jagung. Mereka harus mencari sasaran pasar yang tepat sebagai konsumen bagi produk mereka. Misalnya dijual kepada ibu-ibu dan remaja-remaja perempuan.
Strategi promosi
Strategi promosi adalah taktik untuk promosi, bisa dilakukn dengan cara:
* menjalin hubungan baik dengan pelanggan
* memilih tempat usaha yang strategis
* memperkuat nama brand
* mengenal kompetitor (pesaing)
* rajin berpromosi
Rencana promosi
Rencana promosi dapat dilakukan dengan cara:
* membuat kemasan
* membuat diskon
* membuat bonus
* mengadakan event atau kuis
Media promosi
Media promosi adalah perantara yang digunakan untuk membantu promosi produk kita, meliputi:
* media sosial / internet
* brosur
* spanduk
* plank
* kartu nama
* iklan koran
* iklan TV
* majalah
* baliho
* poster
Nah, jadi begitulah pembahasan kita kali ini mengenai promosi.
Komentar
Posting Komentar